Loading...

Februari 04, 2012

Apa kabar Dunia?


Lama sudah tidak menulis di blog, sehingga sepi berita, sepi kabar, bak tenggelam ditelan bumi. Jiah seru banget..ya satu tahun terakhir ini memang banyak disibukkan oleh urusan perut. Kenapa perut dibawa bawa ya? maksudnya urusan mendapatkan pekerjaan yang layak buat menopang hidup. Dan syukurlah saat ini saya sudah mendapatkan pekerjaan yang boleh dibilang layak dan cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Bahkan ada yang bilang pekerjaan yang saya jalani sekarang cukup menantang dan beresiko tingg karena diperlukan tanggungjawab dan profesioanalisme yang tidak bisa disepelekan.

Mungkin juga gak banyak tau profesi yang saya jalani sekarang bagi orang awam yang tidak berkecimpung di dunia proyek. Tapi bagi orang yang bergelut dengan proyek sudah pasti tau dan bahkan sering berhubungan dan bahkan jadi satu pprofesi wajib ada. Apa sih profesi itu koq kelihatannya serem sekali....yah profesi itu namanya QS atau kepanjangan dari Quantity Surveyor yang tugasnya merencanakan, memonitor, dan mengevaluasi biaya proyek. Beberapa tahun lalu memang tidak banyak atau bahkan tidak ada posisi ini diproyek karena tidak sangat diperlukan karena selama ini perencaan dan pengendalian biaya proyek cenderung dilakukan oleh seorang Site Manager (Manager proyek). Akan tetapi beberapa tahun belakangan ini di Indonesia banyak diperlukan QS dan bahkan sudah menjadi suatu profesi keahlian yang dituntut independen terhadap intervensi pihak manapun baik dari Owner sang pemilik proyek maupun dari Kontraktor sang pelaksana proyek.

Sebenarnya Profesi yang dikembangkan selama abad ke-19 dari "pengukur" sebelumnya, pedagang spesialis (sering anggota serikat), yang menyiapkan jadwal standar untuk sebuah proyek bangunan di mana semua bahan bangunan, tenaga kerja dan kegiatan seperti yang diukur, dan terhadap pembangun yang bersaing dapat menyerahkan tender harga. Karena semua tender didasarkan pada jadwal yang sama informasi, mereka bisa dengan mudah dibandingkan sehingga dapat mengidentifikasi yang terbaik. Sebagai kuantitas profesi survei muncul sekitar 1820-an dengan salah satu yang paling awal QSS Sir Henry Arthur Hunt yang terlibat dalam pekerjaan di Gedung Parlemen. Setelah kebakaran tahun 1834 yang menghancurkan Istana lama Westminister Henry berburu datang dengan perkiraan biaya £ 724.984 (perubahan oleh Parlemen meletakkannya sampai £ 1.5m)

QS biasanya melapor kepada Project Manager atau Direktur Proyek dan memberikan saran dalam proses pengambilan keputusan di seluruh pengelolaan proyek dari awal hingga penyelesaian akhir. Peran QS memperkirakan dan pengendalian biaya, proses tender, dan setelah pemberian kontrak, interface komersial. QS harus dapat melakukan estimasi dan pengukuran pekerjaan konstruksi sebelum tender, menghasilkan tagihan kuantitas; menghasilkan dokumentasi tender dan mengelola proses tender; menjelaskan dan mengevaluasi tender, dan mengelola kontrak yang dihasilkan melalui penilaian bulanan, kontrol variasi, kontrak administrasi dan penilaian klaim.


Beberapa QS dilatih dalam teknik pengendalian biaya. Mereka QS yang menekankan disiplin biaya sering menggunakan "Konsultan Biaya Konstruksi". Mereka memastikan bahwa proyek dirancang dan dibangun sedemikian rupa untuk mengamankan nilai uang biaya kepastian dan program pelaksanaan.

Dengan memperhatikan definisi, peran dan lingkup pelayanan Quantity Surveyor, maka seorang Quantity Surveyor, harus memahami beberapa ilmu pengetahuan tentang hal-hal sebagai berikut:

1) Filsafat Konstruksi
2) Biaya Konstruksi, Yang meliputi: perkiraan biaya, anggaran biaya, Dan pengendalian biaya (termasuk perhitungan pajak:)
3) Konstruksi jadwal
4) Metode Konstruksi
5) Risiko Konstruksi
6) Sumber Daya Konstruksi
7) Pengadaan Konstruksi
8) Administrasi Kontrak
9) Arbitrase (bila diminta untuk menyelesaikan sengketa)

Jadi selain membantu sang Owner pemilik proyek juga membantu Project Manager untuk pelaksanaan proyek sehingga tepat waktu dan tepat sasaran. Juga dituntut punya pengetahuan dasar sebagai QS seperti tersebut diatas. Tidak mudah memang dalam posisi ini, tidak sedikit makian dan dampratan jika tidak berhati hati dalam menyelesaikan tanggung jawab ini. Uh...ini kalo dicritakan gak ada habisnya intinya saat ini saya sedang belajar dan belajar mengenai profesi ini, doakan ya...semoga bisa menjadi QS yang baik, beretika dan tentunya profesionalisme.. itu harapannya. Amin

Mei 22, 2010

Hal Baru

Mungkin kita semua suka akan sesuatu yang baru atau Hal Baru, apapun itu saya rasa semua orang pasti menyukainya apalagi hal baru yang menyangkut Harta, Kedudukan dan Pendamping Hidup.

Misal saja hal baru yang menyangkut Harta; Betapa senangnya dan sungguh betapa bahagianya jika kita mendapatkan kekayaan baru, penghasilan baru ataupun barang baru, benar ngga??? kekayaan maupun penghasilan baru dari keadaan yang lama akan sangat membahagiakan kita semua akan tetapi dengan catatan hal baru itu kita dapatkan dengan cara yang normal dan wajar.

Hal baru yang menyangkut Kedudukan; Sungguh amat menyenangkan jika kita mendapatkan kedudukan atau posisi baru dari perusahaan atau kantor tempat kita bekerja, apalagi dengan kedudukan baru tersebut akan membuat kita disegani dan dihormati. Siapapun itu pastilah akan sangat merasa senang dengan hal itu. Dengan kepercayaan yang diberikan kepada kita sudah semestinya kita mempergunakannya dengan baik Dan tidak semestinya kita lalai dan semena-mena dengan kedudukan baru itu jangan sampai kedudukan atau posisi baru tersebut hilang atau tergantikan oleh yang lain. ngga enak kan??? wajar wajar saja....

Hal Baru yang menyangkut Pendamping Hidup; siapa sih yang ngga suka dengan pendamping hidup? kalo ada yang ngga suka ngga normal itu, apalagi yang menjadi pendamping hidup adalah orang yang sungguh sangat kita cintai (bahasa musiknya;cinta mati) dengan pendamping hidup secara otomatis menjadi hal baru bukan buat kita? yang tadinya tidur sendiri sekarang berdua, yang dulunya cuci baju sendiri sekarang pake mesin cuci......yang sebelumnya masak sendiri eh..sekarang malah beli he..he..nah semua itu kan hal baru dan sesuatu yang baru dalam kehidupan kita semua.

Dengan Hal baru kita mestinya patut mensyukuri apapun itu kondisinya...jangan sampai pula kita terjebak dan tersingkirkan dengan Hal Baru tersebut. Jika kita sudah bisa melakukan hal itu sungguh Hal Baru itu sangat menyenangkan dan sangat menggembirakan kita...betul tidak??!!

Desember 24, 2009

Met Natal dan tahun Baru 2010



Lama sudah tidak berbagi informasi dan hampir setahun bersama, dan saat saat yang telah ditunggu pun datang. Tapi sebelumnya saya ucapkan Selamat Hari Natal bagi temen temen yang merayakannya...

Terlepas dari salah dan kilaf mohon dimaafkan....

Sebentar lagi kita di peghujung tahun dan banyak peristiwa, kejadian dan berbagai pengalaman yang telah kita alami di tahun ini baik maupun buruk telah kita rasakan bersama. Dan sudahkan kita insteropeksi diri terhadap apa dan bagaimana kita ditahun ini untuk memperbaiki dan berbenah diri di tahun depan....

Sebagai manusia yang berhati nurani sudah sepatutnyalah kita semua berbenah diri guna menyongsong hari esok yang lebih baik lagi...

Selamat tinggal 2009 dan Selamat datang tahun baru 2010....

Salam

Juni 15, 2009

Penglipuran (Penghibur)


Foto: alambudaya.blogspot

ORANG mengenal Bali sebagai pulau yang eksotis dengan keindahan alam dan seni budaya yang luar biasa. Tak heran jika banyak keunikan yang kita temukan di pulau sejuta pura ini sudah terkenal di seluruh penjuru dunia.

Selama ini orang mengenal Bali karena wisata pantai dan lautnya, tapi kenyataannya ada satu tempat yang tetap melestarikan budaya Bali secara turun-temurun sejak zaman nenek moyang. Banyak hal yang dapat kita pelajari yang sarat dengan nilai-nilai tradisional ini. Bangli merupakan satu-satunya kabupaten di Bali yang tidak memiliki wisata pantai.

Namun, sejumlah objek wisata yang tak kalah bagusnya ada di tempat ini. Salah satunya Desa Tradisional Penglipuran yang terletak di Jalan Raya Bangli-Kintamani, Bangli, atau 45 kilometer dari Kota Denpasar.

Penglipuran memiliki dua pengertian yaitu pangeling yang kata dasarnya eling artinya 'mengingat'. Sementara, pura artinya 'tanah leluhur'. Jadi penglipuran artinya 'mengingat tanah leluhur'. Atau dapat juga diartikan kata penglipur sebagai penghibur.


Luas Desa Adat Penglipuran mencapai 112 hektare, terdiri atas 37 hektare hutan bambu yang dimanfaatkan masyarakat setempat untuk kerajinan tangan dengan sistem tebang pilih, ladang seluas 49 hektare, dan untuk perumahan penduduk seluas 12 hektare.

Desa ini sangat bersih dan udaranya sangat sejuk. Topografi desa melereng dari utara ke selatan. Penataan taman dan saluran air yang bersih membuat desa ini tak pernah dilanda banjir. Jalan utama desa tak menggunakan aspal melainkan dari batu-batuan gunung yang dimodifikasi dengan paving atau batu conblock.

Desa yang tersusun rapi sedemikian rupa sehingga dua bagian kaveling memiliki bentuk bagian depan yang sama yang terbuat dari bahan tanah untuk tembok dan bagian atap menggunakan bambu. Cukup betah rasanya untuk tinggal berlama-lama di tempat ini.

Keunikan lain yang dimiliki desa ini adalah setiap kaveling memiliki luas sama antara 8 sampai 11 are. Luas tanah ini merupakan warisan leluhur yang terbagi bagian timur dan barat masing-masing 38 kaveling. Kehidupan masyarakat juga heterogen, ada yang bekerja sebagai petani, pegawai, buruh, maupun perajin.

Tata ruang desa tak kalah menarik yang secara makro terbagi menjadi tiga bagian yang disebut dengan tri mandala. Dalam konsep tata ruang agama Hindu, maknanya adalah tiga bagian atau tiga ruang yang memiliki tiga fungsi atau kesucian yang berbeda.

Dari kondisi fisik orientasinya adalah utara selatan (dalam bahasa Bali berarti Kaja Klod) atau lebih sederhana lagi tinggi rendah (ulu teben). Dari konsep itulah, maka di paling utara desa yaitu sebuah tempat suci yaitu Pura Bale Agung (Penataran) yang merupakan konsep utama mandala yang terletak di sebelah utara sebagai kiblat umat Hindu. Kemudian konsep mandala yang kedua dinamakan madya mandala.

Di tempat ini merupakan wilayah permukiman penduduk terbagi menjadi dua jejer yaitu barat dan timur. Sedangkan bagian ketiga adalah nista mandala tempatnya bagian paling rendah yaitu lokasi yang dipakai untuk kuburan atau orang Bali menyebutnya sebagai setra. Tata ruang seperti ini ternyata juga diterapkan dalam setiap rumah masyarakat desa setempat.

Setiap kaveling rumah penduduk, konsepnya setiap rumah dibangun angkul-angkul atau pintu gerbang merupakan ciri pintu masuk sekaligus dianggap sebagai bangunan penjaga pintu rumah depan.

Saat hari suci, dilakukan sesajen di tempat ini. Tak heran jika bangunan seluruh masyarakat di desa ini sama, yaitu bagian depan merupakan sanggah atau mrajan sebagai utama mandala yang digunakan anggota keluarga untuk bersembahyang. Kemudian seluruh rumah menghadap ke timur sebagai tempat matahari terbit.

Di setiap bangunan rumah terdapat ruang kosong yang dinamakan halaman (natah) sebagai tempat berkumpul anggota terletak di bagian tengah (madya). Sementara bagian nista mandala biasanya diisi dengan toilet, tempat jemuran, atau sarana atau kegiatan ekonomi seperti warung, kandang ternak, dan sebagainya.

"Setiap umat Hindu yang memiliki rumah berarsitektur Bali biasanya mengikuti tata ruang seperti ini. Karena setiap ruang ada dewa yang bersemayam," ucap Kelian Adat Desa Penglipuran,Wayan Supat.

Untuk menjaga warisan leluhur secara turun-temurun ini, Supat berharap warisan ini akan tetap terus dijalankan hingga anak cucu kelak.

"Kita sebagai generasi tua mengarahkan generasi muda dan seterusnya akan seperti ini. Selama konsep pelestarian sepanjang tradisi masih relevan dalam periode kehidupan manusia,"sebutnya.

Dalam ajaran Hindu telah memiliki konsep pelestarian menggunakan konsep desa kalapatra. Kala artinya waktu, sementara patra berarti keadaan. Jadi kalapatra adalah keadaan akan berubah di mana tempatnya dan kapan waktunya. Tak heran banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke desa tradisional yang sejak tahun 1993 mulai dipromosikan pemerintah daerah sebagai salah satu tujuan wisata.

Sayangnya, desa ini tidak menyediakan tempat penginapan atau home stay untuk menampung para wisatawan untuk bertinggal lebih lama di desa yang sejuk dan sehat ini. Keunikan lainnya,Anda tidak akan menemukan tempat sampah di jalan utama Desa Adat Penglipuran ini.

Hal ini karena adanya aturan (awig-awig) kepada setiap warga untuk menyapu dua kali dalam sehari setiap pagi dan sore hari. Kewajiban lain yang harus dipatuhi warga adalah memotong rumput yang ada di taman jalan dua kali sebulan. Kalau hal itu tak dipatuhi, denda Rp10.000 akan diberlakukan.

Meskipun dendanya terbilang tidak terlalu besar, sejauh ini belum ada warga yang melanggar dan lebih taat pada aturan tersebut. Hal ini dikarenakan masyarakat ditanamkan budaya malu jika tidak menaati aturan tersebut dan pantas untuk dijadikan sebagai percontohan daerah tujuan pariwisata sehat.

Bagi wisatawan yang datang, pemerintah daerah setempat memungut tiket masuk dengan harga yang sangat murah dan terjangkau. Untuk dewasa cukup membayar Rp2.500, sementara untuk anakanak Rp1.500.Sebagian besar yang datang adalah wisatawan asing yang penasaran dengan kesejukan dan teraturnya kehidupan masyarakat Desa Adat Penglipuran.
Artikel :Okezone.com

Mei 24, 2009

Peluang dan Waktu

Peluang tidak semua orang bisa dapatkan dengan mudah, apalagi peluang bagus tidak akan datang untuk kedua kalinya. Hampir sama dengan kesempatan yang tidak bisa kita dapatkan dengan gampang. Bagi sebagian orang hal ini akan digunakan dengan sebaik-baiknya terutama peluang bagus yang di iringi dengan waktu yang banyak akan saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Peluang untuk memiliki sesuatu dan waktu untuk meraihnya akan sangat ditentukan oleh kemauan kita untuk menjalaninya. Peluang dan waktu tidak bisa dipisahkan begitu saja apalagi peluang bagus dan waktu yang tepat akan sangat memberikan kita keuntungan yang tak ternilai harganya. Ini sama halnya dengan kesempatan yang kita dapatkan, dan biasanya belum tentu kesempatan itu akan datang untuk kedua kalinya.

Dengan banyaknya peluang yang menghampiri kita sekiranya tidak dilewatkan begitu saja baik bisnis maupun yang lain, segera pelajari dan pahami yang untuk selanjutnya kita ikuti petunjuknya untuk bisa menjalankannya. Jangan sampai kita melawatkan peluang begitu saja tanpa melakukan apapun yang nantinya membuat kita menyesal di kemudian hari.

Jadi janganlah melewatkan peluang dan waktu hanya dengan berpangku tangan tanpa ada action apapun. jadilah orang yang psotif dan optimis selalu menjalani semua yang menghampiri kita.

April 02, 2009

Selain Membantu Anda berpikir Anggur Merah Mengurangi Resiko Penyakit Jantung



'Anggur Merah yang selalu memabukan diriku belum seberapa dahsyatnya,' petikan lagu 'Senyum membawa luka' di atas yang sempat dipopulerkan oleh penyanyi dangdut
Meggy Z sepertinya perlu ditelaah lagi. Pasalnya, meminum anggur merah ternyata mampu meningkatkan kemampuan berpikir.

Bukan untuk mengamini perilaku meminum-minuman keras yang selalu memiliki sisi negatif, tapi beberapa peneliti berhasil mengungkapkan sisi positif dari meminum anggur merah. Demikian dilansir Telegraph, Kamis (2/4/2009).

Sejumlah peneliti dari Northumbria University, Inggris, mengatakan segelas anggur dapat menambah kemampuan berpikir seseorang. Suplemen yang terdapat dalam anggur merah yang biasa disebut resveratrol akan meningkatkan peredaran darah ke otak.

Kesimpulan itu, didapat dari penelitian terhadap kemampuan aritmatika sejumlah responden baik laki-laki maupun perempuan yang telah mengonsumsi anggur merah sebelumnya.

Selain itu, para peneliti juga mengungkapkan jika resveratrol dapat membantu program diet seseorang karena mampu membakar lemak dari junk food yang dikonsumsi seseorang. Manfaat lain dari anggur merah ini juga mengurangi resiko penyakit jantung, anda tidak percaya?

Mengapa orang Prancis sangat kecil terkena risiko penyakit jantung? Padahal, mereka mengonsumsi lemak empat kali lebih banyak dan merokok sebanyak orang Amerika. Itu karena orang Prancis terkenal gemar minum red wine. Minuman beralkohol yang terbuat dari hasil fermentasi anggur merah ini kaya akan flavonoid. Anda pun bisa memperoleh khasiat dari anggur tanpa harus terkena efek alkohol yaitu dengan cara minum jus anggur segar.

Flavonoid yang ada dalam jus anggur merupakan sumber antioksidan yang prima. Di dalam tubuh, flavonoid ini membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mencegah terjadinya penyumbatan dalam dinding arteri. Dengan demikian, risiko terkena penyakit jantung pun makin kecil.

Kendati demikian, para peneliti menyatakan resveratrol tidak terdapat dalam anggur putih, karena anggur putih tidak dibuat dari kulit anggur sehingga anggur putih sangat sedikit mengandung antioksidan. Para peneliti juga menyatakan jika konsumsi anggur merah dan putih sangat berhubungan dengan resiko kanker payudara bagi perempuan.

Maret 11, 2009

Sudahkah Puas Dengan Pekerjaan Anda Sekarang?



KARIER yang Anda jalani sekarang mungkin bukan jenis pekerjaan yang diimpikan sewaktu di bangku kuliah. Waspadalah, sebab hal itu memberikan pengaruh terhadap kepuasan Anda saat bekerja.

Situasi yang ideal ketika Anda bekerja di bidang yang disukai dan dalam naungan sebuah perusahaan yang mapan sehingga mampu mengganjar dengan gaji menggiurkan. Sayangnya, hanya sedikit orang yang mampu menggapai situasi ideal seperti itu. Hal tersebut dipicu oleh jumlah tenaga kerja yang jauh lebih besar dibandingkan lapangan pekerjaan yang tersedia.

Imbasnya, banyak orang bekerja di bidang yang sebenarnya bukan sektor keahlian mereka atau setidaknya sesuai dengan jurusan yang diambil di perguruan tinggi. Belum lagi persoalan di luar teknis pekerjaan, misalnya persoalan gaji, lingkungan kerja yang bersahabat, dan budaya kerja yang tidak cocok dengan kepribadian Anda.

Kondisi demikian tentunya bakal membuat Anda tidak bisa mencapai kepuasan dalam bekerja. Hal yang kemudian sering Anda lakukan adalah terus saja mengeluh soal rutinitas pekerjaan yang dilakukan. Pada akhirnya, apa pun yang dilakukan oleh manajemen tempat bekerja, Anda selalu menanggapi kebijakan mereka secara negatif. Pasalnya, perubahan yang dilakukan perusahaan diyakini tidak bakal memberikan perubahan signifikan bagi kepuasan Anda dalam bekerja.

"Itu hal yang wajar. Ketika Anda berada dalam situasi pekerjaan yang tidak ideal, atau bahkan mungkin jauh dari mendekati ideal, Anda bakal sulit untuk mendapatkan kepuasan atas pekerjaan yang Anda lakukan," kata Carlos Belderrama, pakar karier dari negeri Paman Sam.

Meski mengeluh soal pekerjaan yang tidak sesuai dengan harapan adalah hal yang wajar, Carlos mengingatkan, jika situasi itu terus-menerus dibiarkan, akan memberikan banyak ekses negatif bagi perjalanan karier karyawan. Pertama, pekerjaan akan menjadi sumber stres bagi Anda. Akibatnya, produktivitas bakal menurun, bahkan bisa merembet ke kreativitas Anda. Hal itu tentu tidak bagus bagi masa depan Anda untuk menaikkan "status" sebagai pegawai. Bisa jadi, perusahaan menilai Anda bukanlah seorang pegawai yang bagus dan potensial demi memajukan usaha. Tak heran, reputasi Anda bakal rusak dan sulit untuk dipromosikan oleh teman sejawat di kantor.

Sumber ketidakpuasan, ungkap dia, bisa tercetus oleh berbagai faktor. Di antaranya, konflik dengan teman kerja, konflik dengan atasan, gaji yang tidak sesuai, tidak memiliki peralatan yang diperlukan untuk mencapai target, kurang kesempatan mendapat promosi, ketakutan kehilangan pekerjaan karena penciutan, dan penghematan perusahaan.

Menurut Carlos, situasi yang dipaparkannya tidak bisa terus-menerus dibiarkan begitu saja. Anda, harus lebih proaktif atau lebih jeli melakukan beberapa terobosan agar pekerjaan Anda tidak berakhir menjadi rutinitas yang membosankan. Tidak ada salahnya Anda melakukan pengayaan terhadap pekerjaan supaya "kewajiban" terhadap kantor menjadi kegiatan yang lebih menarik. Kalau ini mampu diwujudkan, tentu memberikan kepuasan bagi diri Anda sendiri.

Kita pun bisa menciptakan tantangan baru. Bila terjebak dalam sebuah pekerjaan karena kurang pendidikan atau penciutan perusahaan, tak selalu berarti pekerjaan itu membosankan. Dengan sedikit imajinasi, ciptakan tantangan baru dan lakukan yang terbaik untuk pekerjaan Anda. Tantangan baru itu bisa dilakukan dengan menaikkan standar pekerjaan. Misalnya pekerjaan itu bisa diselesaikan dengan waktu yang lebih cepat, biaya lebih murah, atau dengan tingkat detail dan presisi yang lebih tinggi.

Melalui cara ini, pekerjaan akan jauh lebih menantang dan tidak ada salahnya juga jika Anda membuat proyek sendiri. Proyek itu bisa memberikan Anda motivasi perasaan mengontrol. Proyek itu tidak selalu mulai dari hal yang besar. Anda bisa memulainya dari hal kecil, seperti mengatur perayaan ulang tahun kantor. Atau bisa memulainya dengan terlibat secara lebih aktif dalam tim sepak bola kantor. Atau bisa memulainya dengan terlibat secara lebih aktif dalam tim sepak bola kantor Anda dengan pertandingan antarinstansi. Cara lain yang mudah, menyenangkan, serta Anda bakal mendapat kesan positif adalah membantu pegawai baru.

Yang harus disadari, kepuasan atas pekerjaan itu tidak selalu harus datang dari pekerjaan itu sendiri. Kepuasan atas pekerjaan itu bisa berasal dari bagaimana kita melihat dan melakukan pekerjaan itu sendiri. Kitalah yang menciptakan kepuasan, bukan pekerjaan yang memberikan kita kepuasan. Jika itu bisa dilakukan, pekerjaan akan jadi hal yang kita cintai.