November 26, 2007

Tips Gaji Tidak Numpang Lewat

Kalau Anda tak ingin seperti itu, coba simak tips gampang berikut ini:
1. Tak perlu pikir panjang, begitu hari gajian tiba, langsung sisihkan sedikitnya 10% gaji. Simpan di tempat (rekening tabungan) terpisah.
2. Biasakan menghitung keperluan bulanan, mulai dari sabun, shampoo sampai baju atau kosmetik (apabila perlu). Juga kebutuhan untuk transport, makan siang, rekening telepon atau listrik, kendaraan, sewa rumah, kartu kredit, serta kredit-kredit lainnya.
3. Kontrol penarikan uang dari mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Ambil hanya untuk keperluan bulanan.
4. Bagi-bagi uang yang diambil dari ATM berdasarkan keperluan, kalau perlu masukkan ke amplop berbeda.
5. Kurangi jatah transport. Memang agak sulit, apalagi bagi yang 'bensin'-minded, tetapi coba yakinkan diri, katakan dalam hati bahwa jalan kaki baik untuk kesehatan, atau siapa takut naik angkot, yang penting sampai tujuan dengan selamat.
6. Kurangi jatah 'makan di restoran'. Coba deh tanya teman sekantor anda, apakah ada warung murah, enak, bersih dan sehat.
7. Apabila langkah (5) dan (6) sukses, berjanjilah pada diri sendiri untuk menyisihkan sedikitnya Rp10.000 (atau sesuai kemampuan) setiap hari. Tambahkan ke rekening tabungan setiap hari Jumat, atau bisa juga disimpan di amplop terpisah di rumah sebagai dana taktis.
8. Gunakan telepon atau listrik sesuai kebutuhan atau hanya untuk kepentingan tertentu.
9. Tahan diri untuk membeli sesuatu di luar "daftar belanja bulanan", atau masukkan dalam "daftar" bulan berikutnya.
10. Belajar menahan diri untuk tidak meminjam uang kepada teman atau tetangga. Kalau tidak punya uang, ya tahan ngengislah. Tidak perlu memaksakan diri untuk belanja.
Gampang kan?

Tidak ada komentar: