Oktober 25, 2008

Tiap Pagi SaBu….!!

Membaca judul diatas imagenya pasti seperti orang yang ketergantungan terhadap psikotropika / narkoba, nah SaBu yang satu ini beda dengan image diatas. Penasaran kan apa yang saya maksud…??? SaBu disini berimage postif memang sih bikin kita kecanduan tapi tidak bikin kita ketergantungan lo…
Ya..SaBu adalah suatu rutinitas yang saya lakukan hampir tiap pagi tapi tidak tiap hari hanya hari tertentu saja, kebiasan ini saya lakukan SaBu tiap hari Sabtu makanya saya sebut SaBu. Karena SaBu singkatan dari Sarapan Sabtu pagi sebelum saya berangkat ngantor.

SaBu disebut pula Sarapan Bubur ayam khas daerah Denpasar ..katanya sih, saya sendiri nggak tau sebenarnya asalnya dari mana hanya taunya setiap pagi mangkal di depan komplek perumahan sebelah tapi masih deket dengan rumah saya. Itu dijual hanya dalam waktu 2.5 jam saja lo…dari jam 5.30wita pagi sampai jam 7.30wita lewat dari itu sedikit saja udah pasti nggak kebagian. Pernah suatu hari saya udah semangat 45 mau beli tapi waktu itu saya habis datang dari ubud pagi hari langsung menuju tempat mangkal penjual bubur ayam ini eh…belum lewat 7.30wita udah nggak kebagian yah…bete deh padahal dijalan udah ngiler-ngiler ngebayangin makanan yang satu ini (red: kayak orang ngidam aja).



Tidak seperti bubur ayam khas Jakarta yang isinya bubur, kuah ayam ditambah kacang kedelai, ayam sisit dan terakhir pakai kerupuk, ada juga sate ususnya tapi ini tambahan aja sesuai selera. SaBu yang satu ini sangat enak kalo dinikmati masih hangat dengan tambahan kuah ayam yang lezat, ada sayurnya dan daging ayam sisit semakin menambah selera makan.

Nah kenapa saya bilang lain karena ada sensasi yang berbeda dari kebanyakan bubur yang lain, bubur ini selain pakai kuah ayam didalam kuahnya itu ada parutan kelapanya dan juga bubur ini ada tambahan sayurnya nah sayur ini sendiri bisa berubah-ubah setiap harinya tapi yang pasti sayurnya seperti sayur urap-urap gitu. Selain itu ada tambahan sambal nah sambal ini juga berbeda dengan sambal yang ada pada bubur ayam yang lain, sambalnya tidak di blender halus begitu melainkan hanya cabe digoreng dipotong kecil-kecil, bawang goreng, minyak goreng dan sedikit garam gitu aja.



Disajikannya pun berbeda setelah bubur dituangkan diatasnya barulah ditambah sambal goreng ini kemudian kuah ayam yang ada parutan kelapa diatasnya setelah itu sayur yang seperti urap-urap tadi baru yg terakhir ayam sisit tapi ayamnya juga didalam kuah ayam tapi terpisah dari kuah ayam yang berisi parutan kelapa tadi. Dan dibungkusnya pun dengan daun pisang walaupun diluarnya pakai kertas sih..ini yang mungkin menambah nikmatnya bubur ini masih menggunakan pembungkus alami yang saat ini semakin susah aja dicari dan kalaupun ada mahal dibanding pembungkus plastik yang murah dan juga gampang mendapatknya.
Harganya sendiri cukup aman dikantong hanya Rp. 2.000 saja bisa kita bawa pulang tidak seperti Sabu yang lain udah bikin ketagihan dan kecanduan bikin bolong kantong pula hanya menguntungkan bagi pengedarnya

Waah….pokoknya SaBu yang ini yahuud deh….dan yang pasti ini memang bikin ketagihan tapi tidak ketergantungan lo…ok.
”Say No to Drug” and “Save for our Generation”

Tidak ada komentar: