Oktober 26, 2008

1st Asian Beach Games 2008 - ABG Pertama Milik Indonesia

Sanur - Indonesia dipastikan menjadi juara umum Asian Beach Games 2008. Menambah satu medali emas di Sabtu (25/10/2008) ini, perolehan medali pasukan Merah Putih dipastikan tak akan terkejar.

Adalah Oka Sulaksana yang menjadi satu-satunya penyetor emas buat kontingen Indonesia hari ini. Tampil di nomor mistral OD, Oka berhasil menjadi yang terbaik setelah mengalahkan dua atlet selancar Thailand.

Dengan tambahan satu emas tersebut perolehan emas Indonesia kini berjumlah 22 dengan delapan perak dan 19 perunggu. Dengan total medali emas yang diperebutkan berjumlah 71, sementara yang telah dibagikan berjumlah 62, maka tak mungkin Indonesia terkejar Thiland yang untuk sementara duduk di posisi dua dengan sembilan emas 15 perak dan 10 perunggu.

Keberhasilan ini jelas menggembirakan, meski kemudian juga menimbulkan tanda tanya besar. Indonesia terlihat sangat mudah mengumpulkan medali-demi medali. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah soal level atlet yang dikirim negara peserta lainnya. Sempat muncul isu kalau negara kontestan lain tak mengirim atlet terbaiknya di event yang baru pertama kali diadakan ini karena prestisenya yang kurang besar.

Kabar ini sempat dibantah oleh Djoko Pramono selaku komandan pelatnas kontingen Indonesia sekaligus Direktur Jenderal BABGOC (Bali Asian Beach Games Organizing Committee). Gagalnya Indonesia meraih emas di beberapa nomor yang justru diunggulkan disebutnya sebagai bukti bahwa negara lain telah mengirimkan atlet terbaiknya.

Yang jelas Cina hanya mengirim rombongan dalam jumlah kecil, jadi jangan heran kalau mereka yang biasanya sangat merajai kejuaraan multi event kini cuma berada di posisi keempat klasmen dengan hanya meraih empat emas serta masing-masing tujuh perunggu.

Sementara berdasarkan pengakuan beberapa ofisial negara peserta, mereka umumnya menggunakan ABG sebagai batu lompatan atau ajang pemanasan untuk Sea Games. Sementara Oka Sulaksana malah mengakui kalau persaingan di cabang selancar angin kurang karena negara kuat seperti Korea Selatan dan Jepang cuma mengirim atlet lapis ketiga dan keempat.

Apapun faktanya, Indonesia kini telah terhitung sukses menggelar Asian Beach Games untuk kali pertama sekaligus melengkapinya dengan sukses menjadi juara.

Terlepas dari berbagai pertanyaan yang mungkin masih menggantung, mengutip pesan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam perbincangannya dengan Rita Subowo, keberhasilan ini tidak seharusnya membuat Indonesia sombong namun menjadi pemacu untuk lebih berprestasi di ajang lainnya.

Perolehan medali hingga Sabtu (25/10/2008)

(Negara-Emas-Perak-Perunggu-Total)

1. Indonesia : 22-8-19-49
2. Thailand : 9-15-10-34
3. Korea Selatan: 4-7-9-20
4. Cina : 4-7-7-18
5. Vietnam : 2-5-3-10
6. Hongkong : 2-3-0-5
7. Myanmar : 2-3-0-5
8. Malaysia : 2-2-5-9
9. Jepang : 2-2-3-7
10.Pakistan : 2-2-3-7

Sumber : Doni Wahyudi - detiksport

Tidak ada komentar: