Oktober 29, 2008

Untung Rugi Memakai Pemanas Air Tenaga Surya

PEMANAS air yang menggunakan tenaga matahari atau lebih dikenal dengan sebutan solar water heater system belakangan ini banyak dibicarakan. Maklum, sumber energi pemanas air yang satu ini memanfaatkan sumber energi dari alam yang tidak habis. Beda dengan pemanas air yang menggunakan listrik suatu saat listrik mati tidak bisa digunakan karena sumber energinya dari listrik.

Bandingkan dengan pemanas air yang menggunakan tenaga listrik maupun gas. Seperti kita ketahui, saat ini supply listrik sangat terbatas sekali di negara kita akhir-akhir ini. Apalagi, di beberapa daerah sedang mengalami krisis listrik. Hal ini juga dikarenakan pihak pemerintah dalam hal ini PLN sedang mengalami krisis energi sehingga membatasi penggunaan komponen yang terhubung dengan listrik.
Selain itu, “Dari sisi ekonomis, listrik tiap tahun harganya naik, per tahun biayanya jadi makin tinggi saja, Sedangkan pemanas air tenaga surya memiliki kelebihan dibandingkan dengan pemanas yang menggunakan tenaga gas. Harga gas pun mengalami kenaikan tiap tahunnya. Plus, “Sumber daya alamnya terbatas, sehingga tidak bisa dieksploitasi terus-menerus.

Hanya saja, karena pemanas air ini perlu sinar matahari sebagai energinya, maka kemampuannya tergantung pada banyaknya sinar matahari yang masuk dan tersimpan. Jadi, kalau mendung, dayanya akan sedikit berkurang. Akan tetapi tetap tidak masalah, karena dia masih bisa menyerap sinar matahari, dan tetap bisa berfungsi,
Kekurangan pemanas air tenaga surya yang lain adalah tidak bisa ditaruh di sembarang tempat. Beda dengan pemanas air tenaga listrik atau gas yang tidak membutuhkan tempat yang luas dan juga bisa ditaruh di dalam ruangan. “Misalnya, di dalam kamar mandi maupun diluar ruangan”

Selain itu, yang masih menjadi pertimbangan orang untuk menggunakan pemanas air tenaga surya ini adalah masalah isi dompet. Maklum, “Harga pemanas air tenaga surya ini memang lumayan mahal, dibandingkan pemanas air tenaga listrik.

Sebagai gambaran, pemanas air tenaga surya harganya berkisar antara Rp 15,5 juta sampai dengan Rp 34 juta. Masing-masing tipe tersedia dalam 2 macam kapasitas, yaitu yang berkapasitas 180 liter dan 300 liter.

Sementara, ada juga produk pemanas air tenaga surya yang lain sedikit lebih murah dibandingkan dengan gambaran diatas. Rata-rata, produk pemanas air tenaga surya dengan merk tertentu mulai harga Rp 10 jutaan.

Nah,. sekarang terserah Anda mau pilih yang mana. Sebaiknya dipikirkan dengan matang sebelum menentukan pilihan yang cocok dengan kebutuhan keluarga Anda maupun dengan kemampuan isi dompet Anda.

Tidak ada komentar: